Rokok, broke your future

published at newsletter cimsa University of syiah Kuala “hemisfer dextra”

Konsumsi rokok di Indonesia semakin tinggi baik pada dewasa maupun anak anak berdasarkan data konsensus yang dilakukan oleh BPS (badan pusat statistik) pada tahun 2001 sampai 2004.

Indonesia sebagai suatu Negara dapat terbantu akibat cukai yang dihasilkan dari rokok “statement dari beberapa orang”, tahukan mereka jika biaya kesehatan akibat merokok lebih besar daripada penerimaan cukai Negara terhadap rokok, Penerimaan cukai rokok pada tahun 2000 mencapai Rp 10,27 triliun, sedangkan belanja kesehatan akibat merokok sesuai data dari Ditjen POM Depkes pada tahun yang sama mencapai Rp 11 triliun.

Tenaga kesehatan benar benar di buat tak berdaya dengan rokok ini, dan sungguh tak masuk akal, bayangkan saja suatu bahan yang sudah jelas jelas menyebutkan bahwa dirinya adalah racun bagi tubuh manusia tapi masih saja digunakan oleh manusia.

Kenapa Orang merokok

Tidak ada satupun perokok di dunia ini yang tidak tahu terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, namun angka perokok tetap tinggi. Banyak analisa yang bermunculan terhadap ini, aku pun mencoba menganalisa hal ini, dan analisa sederhana ku adalah yang pertama berawal dari keinginan mencoba, rasa ingin mencoba muncul karena begitu hebatnya pihak perusahaan rokok melakukan promosi dengan memunculkan image bahwa perokok adalah orang yang gagah, sukses dan tangguh. Bahkan yang paling miris ketika aku mendengar langsung statement sahabatku “modal pergaulan ya rokok”. Setelah menghisap rokok secara langsung psikisnya akan mempersepsikan kalo dia telah kelihatan lebih gagah dan tampan. Psikis tersebut semakin mempengaruhi dirinya untuk terus merokok, dia semakin merasa kalo rokok telah menjadi bagian dari dirinya. Penelitian oleh universitas hamka beserta komnas anak pada tahun 2007 memperlihatkan bahwa 99,7% anak melihat iklan rokok di televisi, dimana 68% mengatakan memiliki kesan positif terhadap iklan rokok tersebut dan 50% mengatakan menjadi lebih percaya diri setelah merokok seperti di iklan.

Analisa ku selanjutnya adalah ketergantungan, kandungan utama tembakau yang menyebabkan terjadinya ketergantungan adalah nikotin. Nikotin dapat menstimulus glandula suprarenal untuk mensekresikan adrenalin yang memimbulkan efek vasokonstriktor vaskular yang secara langsung menghasilkan peningkatan supply darah ke otak, inilah salah satu efek psikoaktif yang diingikan perokok dengan merasa lebih dapat berkonsentrasi dan lebih fresh.

Bahaya dari rokok

Beberapa penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh rokok:

  • Penyakit kardiovaskular

Asap rokok dapat mencetusnya terbentuknya radikal bebas dengan salah satu efek yang dimunculkan adalah kerusakan endotel vascular sehingga terbentuk plak aterosklerosis. Oklusi vaskular tersebut meningkatkan kejadian infark miokard dan sudden cardiac death.

  • Kanker

Merokok menyebabkan kanker paru paru, mulut, naso-oro dan hipofaring, hidung dan sinus paranasal, laring, esophagus, liver, ginjal dan lain lain. Resiko kanker meningkat berdasarkan meningkatnya jumlah rokok perhari dan meningkatnya durasi merokok.

  • Penyakit pernafasan

Merokok merupakan sebab utama terjadinya cronic obstructive pulmonary disease. Dalam 1-2 tahun merokok, akan terjadi perubahan inflamasi dijalur pernafasan kecil. Setelah 20 tahun merokok, terjadi perubahan patofisiologi pada paru secara proporsional. Seorang perokok muda yang mengalami perubahan pada jalur pernafasan kecil akan kembali normal setelah berhenti merokok selama 1-2 tahun

  • Kehamilan

Merokok berhubungan bengan beberapa komplikasi maternal selama kehamilan : abortus, rupture uterine imminens, solusio plasenta, plasenta previa, kelahiran premature. Janin pada seorang ibu merokok memiliki resiko besar mengalami peningkatan mortalitas yang tinggi karena beresiko tinggi mengalami infant respiratory distress syndrome dan sudden infant death syndrome.

  • Lain lain

Perokok mempunyai kemungkinan 3x lebih banyak untuk menggunakan alcohol, 8x lebih banyak untuk menghisap ganja serta 22x lebih banyak untuk menggunakan kokain. Merokok juga sering dihubungkan dengan terjadinya kelakuan beresiko lain seperti berkelahi ataupun melakukan hubungan seks secara dini.

Perokok pasif

Asap rokok dipisahkan dari 2 komponen, asap utama yang dihisap oleh perokok dan asap sampingan yang tidak terfilter (dikeluarjkan dari ujung rokok) yang dihisap secar pasif oleh bukan perokok. Di autralia terdapat 150 kematian akibat kanker paru dan 1000 kematian akibat penyakit jantung, disebabkan oleh perokok pasif.

Melindungi dampak dari rokok

Masihkan kita berdiam diri terhadap issue ini, Kini saatnya kita sebagai agent of change yang nantinya akan menjadi pilar utama dalam ilmu kesehatan untuk memulai sebuah langkah langkah profokatif dan mewujudnya sebuah mimpi melalui aksi. Bukan saatnya lagi untuk bertanya “apa yang bisa ku perbuat terhadap issue ini?” tapi lihat apa potensi yang kita miliki, perhatikan lingkungan kita dan segaralah untuk memulai sesuatu, tentunya tidak personal. Sehebat apapun kita tidak akan bisa melakukan sendiri. Jangan kira kita ngga bisa berkontribusi lho, bnyak hal yang bisa kita lakukan di antaranya :

  1. Membumingikan issue ini kepada mahasiswa kedokteran tentang efek bahaya dari rokok
  2. Membumingikan issue ini kepada masyarakat melalui poster, webset, selebaran dll
  3. Melakukan edukasi langsung ke masyarakat dengan menukarkan setiap rokok dengan multivitamin dan cara hidup sehat
  4. Melalui penyataan sikap, kita tau bgt klo pemerintah kita akhir2 ini respek bgt sama aktifis2 dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi suatu masalah.

Tinggal diri  pribadi kita sendiri gimana, Dreams believe, make it happen.

2 thoughts on “Rokok, broke your future

  1. amelia pratiwi says:

    posting nya udah bagus, tinggal si mas nya ini sendiri juga jangan merokok paling ga , ga di depan umum(read:kantin), whahahaa ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s