Ketika Motivasi Menjadi Penghalang Anda Untuk Berkembang Karena Menguap


motivationSelamat pagi, sebagai blogger, aku ingin menumpahkan lagi segala isi dikepala, rasa rasanya begitu banyak serpihan serpihan pikiran terkait dengan beberapa kejadian akhir akhir ini, seperti; kabut asap di Riau yang buat presiden SBY geram bahkan sampai terjun langsung kelapanga, hilangnya maskapai penerbangan Malaysia, kisruh pemilu yang seakan memberi makna bahwa bukan pemilu tanpa ada kisruh dan banyak lagi lainnya.

Pemberitaan ini sukses membuat kehilangan hampir 80% motivasi ku yang semestinya mengalirkan adrenalin kedalam setiap ruang pembuluh darah dan membakar segala energi positif untuk terus berbuat kebaikan dan kemajuan untuk pengembangan diri.

Bagaimana tidak, Sebuah riset behavior science menyebutkan bahwa motivasi/tekat berjumlah sangat terbatas dalam tubuh seseorang. Roy Baumeister, dalam bukunya juga menyebutkan tekat/motivasi ibarat air dalam bejana, ketika bejana bocor,  pasti bejana akan kehilangan isinya. Ia menambahkan lagi, pemikiran atau kejadian negative itulah yang membuat bocornya bejana.

Tak hanya itu, polemik hidup yang kita hadapi seperti stress, pekerjaan menumpuk, memikul beban juga sepeti paku tajam yang selalu sukses membocorkan bejana untuk menumpahkan isinya.

Anda pasti sering memiliki tekat/motivasi untuk menggapai suatu hal, sayangnya semua yang anda inginkan hanya sebagai angan angan belaka karena tekat/motivasi yang inkonsisten. Bagaimana agar itu tidak terjadi?

Mungkin beberapa kiat kiat berikut ini dapat anda pertimbangkan

Pertama, Olahraga, nah ini unik, ketika semua studi menyebutkan olahraga menyehatkan, ternyata tidak hanya itu saja, rutin berolahraga juga mampu menjaga motivasi/tekad tidak menguap.

Riset behavior science menemukan orang yang rutin olahraga (3 kali seminggu selama 30menit) memiliki fighting spirit dan tidak mudah menyerah, ditambah lagi olahraja juga bertindak sebagai mood stabilizer.

Kedua, Bangun sesaat sebelum terbit fajar dan bersyukurlah kepada illahi atas semua yang ada dalam diri anda, kondisi ini merujuk kepada shalat tahajjud.

Bangun sesaat sebelum fajar dan bersyukur sejenak membuat anda menjadi pribadi ceria/bahagia dalam menjalani ini, impactnya akan mejaga tekat/motivasi anda untuk menguap. Perasaan bahagia membuat anda merasa lebih fighting untuk menjadi seperti yang diimpikan karena level motivasi anda selalu terjaga.

Sonya Lyubormisky (2007) dalam risetnya menyebutkan; gratitude ritual atau ritual bersyukur yang dilakukan saat keheningan fajar membuat seseorang mampu menjaga motivasi/tekat nya

Ketiga hindari pemberitaan yang memunculkan efek negative. Tanpa disadari, pemberitaan yang memunculkan efek negative langsung menguras sisa energi motivasi/tekat kita.

Bagian ini memang tidak mudah dihindari bagi kita karena sering terpapar tanpa disadari. Namun banyak studi menyimpulkan hal ini merupakan virus yang sangat ampuh menyerap seluruh motivasi/tekat.

Jelaslah sudah bahwa, ada korelasi antara keduanya; level motivasi seseorang sangat dipengaruhi oleh pemberitaan yang negative.

Keempat, sadarlah akan alarm pada diri anda. Anda pasti sering menghadapi kondisi saat tubuh sudah merasa jenuh, anda masih saja memaksakan untuk melakukan sesuatu agar lekas kelar. Pada akhirnya anda menyelesaikan tugas hanya dengan 40% kemampuan anda.

Jangan terlalu memaksakan diri anda, jenuh/lelah adalah penghisap cadangan motivasi/tekad. Kadang anda perlu memanjakan diri untuk berlibur atau bahkan cukup beristirahat dengan relaks tanpa memikirkan atau melakukan apapun.

Relaksasi sama halnya dengan mengisi bahan bakar. Ini akan membuat anda menjadi lebih fresh dan lebih siap melakukan aktifitas dengan level motivasi/tekat yang tinggi.

Dan terakhir, berfikir dengan positif dan optimis, merry riana dalam bukunya menyebutkan; semua akan terlihat sebagai peluang besar bagi mereka yang berfikir secara positive dari hal yang (dianggap) negative oleh orang lain.

Memulai langkah dengan berfikir positive dan optimis akan membuat anda selalu melihat peluang besar, hanya ada sedikit rintangan untuk menggapainya. Nah inilah yang akan membuat tekat/motivasi anda tidak menguap.

Inilah beberapa ulasan mengenai kekuatan MOTIVASI.

Motivasi/Tekat memiliki power untuk mengubah anda, anda juga sudah tahu bahwa motivasi sangat mudah menguap. Namun saat ini anda juga telah tahu solusinya.

Selamat mencoba, aku menanti kabar baik kalian.

Ketika Motivasi Menjadi Penghalang Anda Untuk Berkembang Karena Menguap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s