Sederetan Karnaval Inovasi


innovation-world

Nokia, siapa yang tidak kenal dengan nya? Sebuah perusahaan ponsel yang begitu adidaya. Namun sayangnya, kini kondisi itu berbalik jauh 360 derajat. betapa tidak, harga saham nokia terus anjlok bahkan sampai ke angka 80%, jumlah yang sangat bombastis! Gerbang kehancuran mendekap sebuah perusahaan industri ponsel global ini, mereka di hancurkan dengan porak poranda oleh kompetitornya. Sang raksasa mungkin tidak pernah menyangka, mereka yang dulunya menyandang predikat market leader dikalahkan perusahaan ponsel sekaliber nexian, cross, mitoo dll.

Ditilik lebih jauh lagi, lihatlah sebuah perusaan Nissan, aroma kepunahan telah tercium pada perusahaan itu, di 1999, Nissan seakan digirus habis oleh kompetitornya. bahkan perusahaan ini sampai berhutang sebesar 200 triliun karena setiap tahun terus mengalami kerugian. Produk mereka tidak lagi memikat pangsa pasar, keuangan mereka seakan terus menerus didera badai. Dan lihatlah Nissan sekarang, the power of kepepet membuat mereka melakukan inovasi habis habisan, al hasil, melalui Nissan X-trail dan Grand livina dengan desain nan elegan, mereka seakan membuktikan kepada dunia bahwa Nissan tetap tidak boleh dipandang sebelah mata, melalui produknya itu, Nissan X-trail dan Grand livina bahkan mendapat predikat the car of the year beberapa tahun silam dan melenggang dengan penuh elegan dijalanan.

Itulah kenapa beberapa peusahaan seperti halnya Samsung seakan terus menghasilkan karya karya nya. Sebuah slogan “Only the paranoid survive” tertulis di setiap ruang dan koridor perusahaan tersebut. Sang CEO pun khusus memanggil jajaran nya hanya untuk mengamati tulisan tersebut sambil meresapi dalam dalam. Melalui tulisan itu sang CEO ingin memberi tahu seluruh jajaran dan karyawannya untuk terus menghasilkan inovasi. Mereka sadar betul kehancuan akan terjadi ketika inovasi berhenti.

Perhatikan pula perhelatan Steve Job dengan Apple nya. tokoh dengan segudang kreatifitas ini mampu menyulap dunia untuk think different! Beberapa produknya seakan terus merajai dunia seperti; iMac, iPod, iTunes, dan iPhone. Melalui balutan karya seni yang amat estetik produk ini melenggang dengan indah di market dunia. Apple seakan memberikan kita pelajaran bahwa pengembangan inovasi secara elegan menjadi keharusan.

Masi ingin contoh lebih lanjut lagi, perhatikan bagaimana meningkatnya minat pasar terhadap motor matic, yamaha sebagai inisiator inovasi ini benar benar di untungkan, mereka seakan dengan mudah mengalahkan kompotitornya yang telah dahulu menjadi raksasa. kejaian ini segara ditanggapi oleh kompetitornya, seperti halnya Honda, mereka beruntung karena segera sadar.

Kejadian dilema inovasi banyak terjadi, seperti halnya Nokia, mereka tidak ingin ber Inovasi karena khawatir sistem symbian mereka hilang dipasaran. Lalu muncul Android, tergiruslah Nokia. Dilema inovasi juga tejadi pada perusahaan rokok gudang garam yang tak ingin ber Inovasi dengan Mild karena takut mengubah citra mereka. lalu datanglah Sampoerna yang menyeruput dari belakang.

Pelajaran lain yang dapat di petik dari kalimat di atas adalah menjaga kesuksesan jauh lebih sulit ketimbang meraihnya. Inkonsistensi quality dan inovasi yang tidak terlahir menjadi momok yang siap menghancurkan raksasa manapun. dengan kata lain, tanpa inovasi siapapun pasti terdepak dari persaingan.

Bayangkan bagaimana nyamanya hidup kita saat ini, semua seakan begitu menyenangkan. semua ini terlahir karena adanya sang inovator inovator handal. Produk produk handal terus di suguhkan. mulai dari elektronik, jasa transaksi, dll.

Inovasi bukanlah murni miliknya perusahaan marketing, segala aspek dalam kehidupan juga membutuhkan ini. Sebagai contoh inovasi yang terjadi dalam dunia kedokteran. Bagaimana kegiatan promotiv dan preventif mampu menjadi sebuah inovasi yang dapat mengubah sudut pandang dalam pengelolaan penyakit. Perhatikan video berikut ini

Melalui tulisan ini saya mencoba menyampaikan sudut pandang terhadap beberapa hal yang penting dalam menciptakan inovasi. Hal pertama adalah, adanya strategi yang jelas untuk menghadapi masa depan, strategi strategi ini muncul dari analisa masalah yang dijumpai sebelumnya. Dengan analisa ini kita peka akan kebutuhan masa depan, disitulah inovasi handal akan terlahir. Acapkali kita tidak memiliki strategi yang jelas, sehingga inovasi yang muncul seperti lingkaran yang berbalik lagi ketempat asal.

Hal kedua adalah, inovasi tidak akan terlahir dengan slogan slogan belaka. Iklim inovasi akan terlahir dari pengelolaan manajemen secara professional, kepemimpinan yang bersifat terbuka untuk menerima segala terobosan baru, seberapapun extreme nya ide tersebut, selama banyak manfaatnya. Selain itu, di perlukan pula pengelolaan kepemimpinan yang mampu meng empowering, tanpa ini, kreativitas  yang handal pun tidak akan muncul, malah tertanam.

Hidup terus bergerak ke depan. Satu satunya pilihan untuk maju adalah dengan Inovasi, tanpa nya hidup akan tertahan ditempat atau malah terkubur.

Tulisan ini terinspirasi dari essai “Managing Strategy, Career and Mindset”

Sederetan Karnaval Inovasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s