Melalui 3 konsep jitu + formula 5W1H; terciptanya kesejahteraan dan pengembangan daerah daerah di Indonesia


Sebagai seorang aktifis kampus, saya lebih menyukai sistem provokative yang artinya selalu berusaha untuk mengangkat issue ter up date kepermukaan, harapannya publik menjadi aware terhadap suatu kondisi. Semua berawal dari sebuah mimpi, “Mimpi menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia ” ini berawal saat saya sedang mengunjungi account social network, terdapat iklan yang mengajak kita bermimpi menjadi seorang anggota DPD Indonesia. Dengan menggunakan formula 5W (why, what, where, who, when) dan 1H (how) mulailah saya browsing all about DPD.

Plan of Action (PoA) jika saya menjadi anggota DPD Indonesia akan saya realisasikan melalui 3 konsep jitu, yaitu; fasilitator, provokative dan menjaga hubungan baik antar sesama anggota DPD. Action saya sebagai fasilitator adalah; saya akan bentuk intelijen di setiap kabupaten/kota wilayah kerja saya, intelijen ini sifatnya berbasis masalah, mereka berburu informasi terutama mengenai permasalahan dengan menggunakan formula 5W 1H, issue permasalah tersebut nantinya akan saya advokasikan ke pemerintahan untuk diselesaikan, tugas saya terus mem follow up pemerintah sampai menyelesaikan masalah itu.

Sementara PoA sebagai provokative akan saya realisasikan dengan  mengangkat issue ke permukaan melalui akses; internet, media massa, komunikasi mulut ke mulut, brosur dan lain lain. Artinya begitu banyak informasi yang bermanfaat mengenai; pendidikan, perekonomian, kesehatan dan lain lain, namun hanya segelintir orang yang menikmati informasi tersebut. Perbaikan akses informasi menjadi prioritas kerja saya.

Salah satu hal yang sangat penting dari jabatan sebagai DPD adalah terus menjaga hubungan baik sesama DPD lainnya. Berdasarkan dari pengalaman saya, saya tahu bahwa menjaga hubungan baik antar sesama adalah hal yang sangat penting,  maka dari itu saya akan meletakkan usaha saya yang paling maksimal untuk terus menjaga kesinergisan dalam bekerja. Karena ini saya ingin mewujudkan tujuan ini dengan: Saling support, Saling keterbukaan, Membangkitkan sifat kooperative secara optimal dan Meningkatkan intensitas komunikasi.

Persiapan yang baik tentu sangat krusial, saya punya pengetahuan dan kesabaran untuk mewujudkan mimpi tersebut. Kreativitas dan pengalaman saya yang sering terpapar dengan memimpin dan ide ide jitu akan memberi saya settingan untuk lebih baik. Saya punya pandangan yang luas dalam menghadapi konflik dengan sifat kedewasaan. Skill yang saya miliki akan saya kembangkan dengan butir butir kekeliruan di masa lalu sehingga membuat saya semakin protektif. Melalui 3 konsep jitu + formula 5W1H, bersama dengan pengalaman, antusias dan pengetahuan, saya dapat meletakkan mimpi tersebut dalam aksi saya dan  menjelmakannya kedalam hasil berupa “kesejahteraan dan pengembangan daerah daerah di Indonesia”.

Melalui 3 konsep jitu + formula 5W1H; terciptanya kesejahteraan dan pengembangan daerah daerah di Indonesia

Leave a Reply

