Transfusi Trombosit


Abstrak

Trombosit/platelet adalah sel anuclear dengan ukuran diameter 2-4 µm.  Waktu paruh hidup trombosit dalam darah adalah 8 sampai 12 hari. Trombosit terlibat dalam mekanisme homeostasis  didasarkan pada beberapa fungsi penting dari trombosit itu sendiri. Kelainan pada trombosit dapat berupa disfungsi trombosit atau jumlah trombosit rendah (trombositopenia). transfusi trombosit diindikasikan pada hal hal sebagai berikut :Trombositopeni akibat produksi trombosit berkurang, Trombositopeni karena kehilangan darah, disterilisasi atau sekuestrasi dan Kelainan trombosit kualitatif

Penelitian yang dilakukan di Amerika secara acak  pada 1272, Penelitian ini dilakukan untuk melihat efek profilaksis dari dosis transfusi platelet terhadap perdarahan yang terjadi pada pasien hipoproliferatif trombositopenia. Hasil akhir yang menjadi patokan adalah ada tidaknya perdarahan gr 2 atau lebih yang terjadi ( berdasarkan standar criteria yang diberikan oleh WHO ).

Konsentrat trombosit harus ditransfusikan secepat mungkin dalam waktu 2 jam sepanjang kondisi resipien memungkinkan. Trombosit diberikan sampai perdarahan berhenti atau masa perdarahan (bleeding time) pada 2 kali nilai kontrol normal. Kemungkinan komplikasi yang terjadi adalah menggigil, demam, dan alergi. Transfusi trombosit dapat menyebabkan allo-imunisasi yang menyebabkan pasien menjadi refrakter terhadap transfusi trombosit berikutnya.

read more on pdf click here transfusi trombosit

Penulis : Said Alfin Khalilullah, Sarah Nesya

Transfusi Trombosit

One thought on “Transfusi Trombosit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s