Euforia profesi


Weeei…pa kbr lu cuy?? gilaaa knama aj luu?? Gni nih kalimat yang slalu aku dengar kalo ktemu teman teman..terus ada lagi ni yang kayak gni, kayak nya karam yaa?? menghilang gtu…. hmmmm, stress ngga lu slalu aja di sambut dengan kata yang menurut aku ngga penting banget… kalo aja penyambutannya kayak gini… Wow.. gilaa, lama ngga jumpa lu aq jd jatuh cinta..expecially for cewek yaa…;) ato lu keliatan lebih smart sekarang… ok stop Mukadimah ngga penting ini.

Memasuki dunia per-koas-an bener2 menyita banyak banget waktu dan heran nya, ini semua terjadi involunter. Tapi yang pasti proses yang berlangsung itu benar benar jadi guru super buat aku. Benar kata orang kalo pengalaman adalah guru super. Aku mengawali hal super itu di bagian Anak, kemudian Pulmonologi, Kulit dan Kelamin dan sekarang di cardiologi, sbentar lagi aq bakal menjalani stase di jiwa..seneng bgt rasanya kena stase di jiwa pas lagi bulan puasa…ngga ada jaga malam..bisa di bilang santai dan bosen bisa terhibur..yaa clop B G T dhe.

Kalo yg namanya nano nano itu rame rasa nya..skrng aku berani jamin klo yang rame rasanya itu ya per- koas-san.. lu pernah ngerasa di hajar dengan tembakan tembakan konsulen di hadapan pasien, bangganya di puji puji konsulen, dicari2 pasien karena senang dengan kita, di tonjok pasien (ngga jd tapinya…^^), jaga 48 jam sampe lutut bergetar, mulut kering, badan bau, fremitus melemah dan yang paling parah adalah nahan BAB (PARAAAH) dan sumpah, lu bs liat di file hp aku..kalo udh bayak banget video klip yang aku dan teman teman ku ciptakan slama koas ini dengan aku dan teman teman ku sebagai model nya, ini smua krn suntok yang menjadi jadi.

Skrng usia ku udh mwu 23 tahun, dengan lingkar perut yang hampir bisa dibilang tidak sesuai dengan umur..tp tenang..satu hal itu ttp kok..krn itu herediter.. yupp bener bgt…macho..dengan usia yang menurut beberapa peneliti menyatakan usia yg produktif bgt..dlm hal spermatogenesis dll. Aku mencoba mengaplikasi kan apa yang aku temui selama per-koas-an ke dalam kehidupan nyata..begini ni ceritanya…singkatnya aku bertanya pada diri sendiri, bener ngga ya klo ternyata sodara ku mengalami gejala2 gastroistestinal and vertigo yg terus2 dirasa. Saat ku gali lagi aku benari ambil kesimpulan bahwa ini gangguan psikologis berupa ansietas dan depresi. Setelah mendapat kesimpulan, meskipun aku masih ragu tentang hal itu.. yaa secara pada saat yang bersamaan perut lapeer banget, langkah pertama adalah makan..lantas aku terdiam..apaa ini??? mana ilmu ku, jadi slama ini aku kuliah n koas aplikasi nya zero..ohh tuhan..aq bingung dengan perasaan berputar yg trs2 dia rasakan. saat itu juga aku berfikir..kalo nanti jadi dokter terus pasien datang mengeluh kayak gini, apa yg hrs dibuat?? suru pulang trs bilang jangan stress ato jangan kepikiran, jangan sering sendiri, buat hal2 yg bikin tenang, senang dll.. terus kasi obat anti ansietas ato sedative.. CUKUP KAYAK GTU AJA..BAKALAN SEMBUH PASIEN nya.. kalo dia ngga sembuh gimana… apa ini expectasi yang berlebihan “AKU MAU DIA SEMBUH”.

Guys, profesi kita (terutama buat sejawat) memang dihadapkan sama tuntutan untuk benar benar bisa maksimal, kita bisa aja bilang kalo prognosis si pasien buruk dengan kesembuhan nya <50%, tapi bagi pasien dan keluarganya , meraka selalu berharap 100%. Aku pernah membaca buku the 21st century manager “kita hari ini adalah kita esok hari”.

Dari apa yang terjadi sama diriku aku selalu untuk coba menyikapinya secara positif, sampe akhirnya aku menyimpulkan bahwa expectasi berlebihan selama itu tidak membuat lu down, silahkan aja. Yang pasti apapun yang udh lu raih syukuri, jangan kufur guys….this time to change for a BETTER!!

Euforia profesi

Leave a Reply

