P. 22/24 sept 09


Pukul 16.00 WIB..aq, abib, yed adi mreka bedua sepupuku yg skrng ud sibuk dgn pekerjaannya..ada juga ampon n joni…as movie scoobidoo kmi pn memulai perhelatan to sabang. Pulau yg ud 2 x aq kunjungi dan slalu membekas dalam ingat dan pikirku.Bersama kapal KMP BRR kami pun melintasi lautan..prasaan takut muncul tak karuan dalam benakku..yaa aq ngerti bgt gmn aq ngga takut, sampe usia ku 22ton pn aq masi bs pas pasan berenang. Gelisahan pn trz aj hantuiku..doakupn kepada sang khalik berharap agar diberi keselamatan mpe tujuan..

Sekitatr jam 18.00 WIB KMP BRR pn berlabuh di balohan tanpa kurang apapun. penantian untk berlibur dimulai dari skrang..aq, abib, yed adi, ampon n joni tinggal di asrama tpt si abib bekerja..ternyata ada 1 lagi yang tinggal disini..si Daniel..iya Daniel n abib tinggal berdua di rumah ini..bayangkan aja rumah yg cma luar sktr 6X6 cma ada 1 kmr saat ini di huni 6 orang…Kedatangan kami ke sana di awali dengan crita ttg lokasi tpt tinggal ini…”disini sering x dilewati babi itam” Serentak saat itu juga..sewatu suara memasuki telinga sampai ke pusat pendengaran di otak..saat itu juga otak mengambil keputusan cepat untuk berfokus pada crita tersebut.Gejolak tak percaya muncul…”mana mngkin ada babi di sini..babi itam kan biasa di hutan..argumen yang menguatkan ku utk tidak percaya”…kayakinan ini pn mulai bergoyah saat danil memberikan kata sederhana utk menguatkan argumntasi abib..ngga pecaya,,,liat ja nanti….

Oh no…spontan kata itu kluar wkt aq twu trnyata kamar mandi dsini terpisah dari rumah….gimana kalo malam2 aq kebelet trz diserudup babi……apa kata dunia.

magrib pun tibaa…sebuah ritual masi melekat banget buat aq, joni, yed adi n ampon…ritual yang aq ngga twu dari mana asalnya n logika nya apa…”kalo baru sampe sabang jangan mandi dl sehari..ntr meriang.” kami pn mematuhi ritual itu.

Hari pertama berlalu ud..kini fresh pn muncul setelah smua mandi n ready menjelajahi perhelatan…dimulai dari nol KM..tak semudah itu..ternyata jalan cukup terjal dan sempit..mendaki bnyak gunung utk sampe sana ditemani panas sengat matahari…mual ku muncul dan terus bersama ku seolah tak ingat pisah..sedikit yang membuat ku terhibuar adalah view dari ktinggian dan langsung meliat laot, membuatku sdikit terobati.. penantian itu pn sampai, sebuah tugu sederhana..tugu yang diresmikan wakil presiden RI tanggal 9 sept 1997  menjadi awal dimulainya letak geografis Indonesia..pertama x menginjakkan kaki disini..kebanggaan, prestasi ku raih, bersamaan itu mual ku pn ilang…jepretan fhoto via camera Hp mulai ada…aq pn tak mau ketinggalan tk menjadi model nya…lelucon yang mendadak muncul yang diperankan ampon pn membuat hidup lebih hidup euw…tak mau ketinggalan joni pn dengan khasnya yang suka banget mengkritik ampon jk salah dlm menempatkan huruf. Mis nya huruf “m” disebutny “n” itu lha khas ampon..jika dianalogikakan dengan kalimat…”dalan”…langsung joni menyambar kritikannya “dalaaaaaannnnnnnnn”..irama menekan..itulha yang sangat sering terjadi…

Tujuan slanjutnya adalah pulau iboh…kaget lagi …luar biasa kejerniahan airnya..putihnya dn lembutnya pasir lautnya….kolaborasi yang cukup eksotis bagi ku..akupn begitu ingin tubuhku diguyur air laut itu, sayangnya aq tak bawa baju bekal…..Saat yang bersamaan menunjukkan wkt makan siang..kami pun menyempatkan diri untuk makan siang setelah dari pagi belum makan.

Next destinations is gapang beach..the beach that has I gone from junior high school..aq sperti memiliki mesin waktu dan sedang yang sedang kugunakan..kenakalan kecil dulu ku bersama teman SMP jelas melintasi kpala ku seperti aq sedang memainkan peran itu…

Tak henti sampai di gapang..tak kalah oleh lelah..perhelatan ini hrs tetap berlanjut, itulah naskah komitmen kami bersama..sumur tigaa..iya tujuan kami slanjutnya…sumur tiga juga pantai tp jangan Tanya mengapa namany gtu..yg jelas ngga ada 3 buah sumur disitu..creng creng creng…keajaiban terjadi lagi…ini adalah pantai terindah seumur hidupku yang pernah aku saksikan langsung..oops aq lupa sebelum sumur tiga kami sempat mengunjungi pantai kasih….

spupuku abib yang ud 2 tahun menetap disabang menceritakan mistis pantai ini….“banyak yg cintany bisa bersatu disini….”

“Ah manaa aaadddaaaaak”….yed adi dengan gaya khas nya logat aceh tamiang menyambar dengan muka tk percaya….

“Liat aj ntu disemua pd berpasang..qt aj yang pedang smua….” Abib berkeras

Ahh ya juga ya hati mencoba pecaya…akibat mata ku melihat sekitar dan ternyata emang benar…

Lanjut lagi tak berhenti disitu aja..pasir hitam..pantai yang pasirny ngga itam..tp koq pasir hitam namanya..tak tahu lah yg jelas tujuan kami kemari cma utk rujak..akibat kecapean extra.. ada alasan lain seh  yg bwt langkah ini ke pasir putih..disana ada rujak, ampon merasa mulutny hambar dan iya ingin menikmati rujak hanya bisa merokok lagi tanpa ngerasa mulutnya hambar..secara ia adalah perokok hebat….berhenti lama disana, berteduh pada sebuah pondok sederhana dengan pandangan ke laut tp ttp aj laut ngga keliatan krn ada pondok lainnya di dpnnya. Sendok demi sendok pun terus masuk kemulutku, tak peduli keadaan sekitar yang jelas saat itu aq dapat melupakan kelelahan ku, merahnya kulit ku yang sdh hamper 10jam kena terus sengatan matahari, rujak pn habis aq mulai merasa sedikit enakan tp ternyata itu hnya kenikmatan sesaat..cape itu muncul dan benar membuatku terpaksa utk mebungkukkan badan untuk tidur seperti tertidur saat sekolahan. Aq benar2 merasa ngga nyaman dengan keadaan ini, kaki ku pegal karena tak bisa kugerakkan, badan ku lemas tak berdaya, sluruh tubuh gerah..ohh God..apa ini,…….abib, joni, yed adi dan ampon saat itu begitu menikmati keadaan ini..mereka terlarut dalam romantika kenakalan kecil mereka..cerita itu pn merubah kesunyian ku..sayangnya aq tak bisa menikmati itu..itu hanya pembicaraan antar mereka…meraka tinggal pada satu desa..dari kecil udh sama sama…sementara aq tinggal pada desa lainnya yang dekat juga…tp ya itu aq tidak masuk dlm kehidupan itu…ttp saja aq bergelut dengan kelelahan ini. Benar ku senang dgn liburan ini tak begini aq dicurangi dan dkhianati oleh kelelahan ini.

Dan akhirnya kami pun semua pulang dan skarang siap utk packing istirahat dan bsk bangun ud harus pulang dari vacation……

Satu lagi kebenaran tentang kebahagiaan ini…..sapa lagi kalo bukan gerombolan lumba lumba menghiasi laut luas itu..di samping kapal ini dia bermain, tertawa karena semua penghuni kapal bahagia karenanya..ini pengalaman pertama ku melihat lumba lumba bermain di laut lebap….lengkap sudah tsunami perhelatan ini…knapa tsunami karena rasa ini lebih dari nano nano……

P. 22/24 sept 09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s